Assauri
(2008 : 163) bahwa strategi pemasaran secara umum, dapat dibedakan tiga jenis
strategi pemasaran yang dapat ditempuh perusahaan yaitu :
1. Strategi pemasaran
yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).
2. Strategi pemasaran
yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).
3. Strategi pemasaran
yang erkonsentrasi (Concentrated Marketing).
Untuk
lebih jelasnya ketiga jenis strategi pemasaran di atas dapat diuraikan sebagai
berikut :
1.
Strategi pemasaran
yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).
Dengan strategi ini,
perusahaan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan
hanya memperhatikan kebutuhan konsumen secara umum. Oleh karena itu perusahaan
hanya menghasilkan dan memasarkan satu macam produk saja dan berusaha menarik
semua pembeli dan calon pembeli dengan suatu rencana pemasaran saja.
Strategi ini
bertujuan untuk melakukan penjualan secara massal, sehingga menurunkan biaya.
Perusahaan memusatkan perhatiannya pada seluruh konsumen dan kebutuhannya,
serta merancang produk yang dapat menarik sebanyak mungkin para konsumen
tersebut. Perusahaan yang menggunakan strategi ini, tidak menghiraukan adanya
kelompok pembeli yang berbeda-beda. Pasar dianggap sebagai suatu keseluruhan
dengan ciri kesamaan dalam kebutuhannya.
keuntungan strategi ini adalah kemampuan
perusahaan untuk menekan biaya sehingga dapat lebih ekonomis.
kelemahannya adalah apabila
banyak perusahaan lain juga menjalankan strategi pemasaran yang sama, maka akan
terjadi persaingan yang tajam untuk menguasai pasar tersebut (hyper
competition), dan mengabaikan segmen pasar yang kecil lainnya. Akbatnya,
strategi ini dapat menyebabkan kurang menguntungkannya usaha-usaha pemasaran
perusahaan, karena banyak dan makin tajamnya persaingan.
Contohnya;
produk coca-cola
dengan rasa yang disukai oleh banyak orang tidak memandang kelas sosialnya. Strategi
pemasaran tanpa pembedaan ini akan hemat biaya. Dengan satu jenis karakter
produk dan segmen pasar maka akan mengurangi biaya produksi, penyediaan,
transportasi, biaya periklanan, dan mengurangi biaya riset pemasaran dan manajemen
produk. Akan tetapi, pemasaran modern Meragukan strategi ini. Perusahaan yang mengunakan
pemasaran tanpa pembedaan umumnya mengembangkan tawaran yang ditujukan pada
segmen paling besar dalam pasar. Kalau ada beberapa perusahaan melakukan hal
sama maka persaingan sengit akan berlangsung dalam segmen paling besar. Kesulitan
muncul ketika harus mengembangkan produk atau merek yang dituntut harus
memuaskan semua konsumen. Akhirnya, segmen paling besar mungkin kurang
menguntungkan, karena segmen ini akan memicu persaingan sengit. Menyadari hal
ini, perusahaan lebih tertarik pada segmen yang lebih kecil.
2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan
pasar (Differentiated marketing).
Dengan strategi ini,
perusahaan hanya melayani kebutuhan beberapa kelompok konsumen tertentu dengan
jenis produk tertentu pula. Jadi perusahaan atau produsen menghasilkan dan
memasarkan produk yang berbeda-beda untuk tiap segmen pasar. Dengan perkataan
lain, perusahaan atau produsen menawarkan berbagai variasi produk dan product
mix, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen atau
pembeli yang berbeda-beda, dengan program pemasaran yang tersendiri diharapkan
dapat dicapai tingkat penjualan yang tertinggi dalam masing-masing segmen pasar
tersebut.
Perusahaan yang
menggunakan strategi ini bertujuan untuk mempertebal kepercayaan kelompok
konsumen tertentu terhadap produk yang dihasilkan dan dipasarkan, sehingga
pembeliannya akan dilakukan berulang kali. Dengan demikian diharapkan penjualan
perusahaan akan lebih tinggi dan kedudukan produk perusahaan akan lebih kuat
atau mantap di segmen pasar.
Keuntungan strategi pemasaran ini, penjualan dapat
diharapkan akan lebih tinggi dengan posisi produk yang lebih baik di setiap
segmen pasar, dan total penjualan perusahaan akan dapat ditingkatkan dengan
bervariasinya produk yang ditawarkan.
Kelemahan strategi ini adalah, terdapat
kecenderungan biaya akan lebih tinggi karena kenaikan biaya produksi untuk
modifikasi produk, biaya administrasi, biaya promosi, dan biaya investasi.
Contohnya ;
perusahaan Coca–Cola
yang juga memproduksi Fanta,Sprite, bahkan Lemon Tea. Biaya-biaya tersebut
antara lain, berupa biaya riset dan pengembangan produk baru, biaya
modifikasi produk, biaya proses produksi, biaya penyimpanan, biaya
administrasi, biaya promosi, dan biaya-biaya yang lainnya.
3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi
(Concentrated Marketing).
Dengan strategi ini,
perusahaan mengkhususkan pemasaran produknya dalam beberapa segmen pasar,
dengan pertimbangan keterbatasan sumberdaya perusahaan. Dalam hal ini
perusahaan produsen memilih segmen pasar tertentu dan menawarkan produk yang
sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang ada pada segmen
pasar itu, yang tentunya lebih spesifik. Strategi pemasaran ini mengutamakan
seluruh usaha pemasaran pada satu atau beberapa segmen pasar tertentu saja.
Jadi perusahaan memusatkan segala kegiatan akan memberikan keuntungan yang
terbesar.
Keuntungan penggunaan strategi ini, perusahaan dapat
diharapkan akan memperoleh kedudukan atau posisi yang kuat di dalam segmen
pasar tertentu yang dipilih. Hal ini karena, perusahaan akan mempunyai
pengetahuan dan pengalaman yang lebih baik dalam melakukan pendekatan bagi
pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen dari segmen pasar yang dilayaninya.
Di samping itu perusahaan memperoleh keuntungan karena spesialisasi dalam
produksi, distribusi dan usaha promosi, sehingga apabila segmen pasar dipilih
secara tepat, akan dapat memungkinkan berhasilnya usaha pemasaran produk
perusahaan tersebut.
Kelemahan strategi pemasaran ini adalah perusahaan
akan menghadapi risiko yang besar bila hanya tergantung pada satu atau beberapa
segmen pasar saja. Hal ini karena, kemungkinan terjadinya perubahan selera para
konsumen, atau peningkatan kemampuan daya saing perusahaan lain yang dapat
melebihi kemampuan perusahan ini dalam melayani pasar secara baik dan efektif.
Contohnya ;
mobil Marcedes Benz
hanya dipasarkan kepada kelompok orang-orang kaya yang berselera
tinggi.Pemasaran terkonsentrasi menawarkan cara yang baik sekali bagi
perusahaankecil untuk mendapatkan pijakan dalam menghadapi pesaing yang jauh
lebih besar.Lewat strategi pemasaran ini, perusahaan mencapai posisi pasar yang
kuat dalamsegmen yang dilayani karena pengetahuan yang lebih banyak tentang
kebutuhansegmen.Perusahaan banyak juga menikmati banyak penghematan operasional
karenaspesialisasi dalam produksi, distribusi, dan promosi. Namun, pada waktu
sama pemasaran terkonsentrasi juga mengandung resiko yang lebih besar dari
normal.Segmen tertentu bisa berubah seketika, atau perusahaan besar memasuki
segmen yangsama. Oleh karena itu, banyak perusahaan memilih memasuki beberapa
segmen pasar.
Score: 90, excellent!
BalasHapusRebat FBS TERBESAR – Dapatkan pengembalian rebat atau komisi
BalasHapushingga 70% dari setiap transaksi yang anda lakukan baik loss maupun
profit,bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANL LOKAL
Indonesia dan banyak lagi yang lainya
Buka akun anda di fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbs2009
Mau Buka Keagenan Tiket Pesawat daftar sekarang di
BalasHapushttp://agen.selltiket.com
Why casino does the casino game give players the same bonuses - Dr.
BalasHapusYou can now play the 서울특별 출장마사지 games of the casino's 광명 출장마사지 online 의정부 출장안마 casino games using a mobile phone or tablet. You have 강릉 출장마사지 the ability 나주 출장샵 to play online