Di
dalam membuat suatu usaha bisnis khususnya Restoran, hal yang paling penting
selain makanannya yang lezat adalah pelayanannya yang baik. Dalam hal ini pelayan
restoran harus mempunyai tingkah laku yang baik, karena tugas utama pelayan
restoran adalah melayani tamu- tamunya. Selain melayani, tugas pelayan restoran
juga harus mampu menjual produk yang dihasilkannya untuk mencapai tujuan yaitu
mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan hal lain, seorang pelayan restoran
harus memahami kebutuhan dan keinginan seorang tamu karena setiap orang memiliki
karakteristik atau kebutuhan dan keinginan yang berbeda- beda. Jadi, seorang
pelayan harus betul- betul memahaminya.
ada
4 dasar karakteristik seseorang yaitu (1)Sanguin, (2)Koleris, (3)Melankolis,
(4) Plegmatis. Dari keempat karakter seseorang tersebut memiliki beberapa ciri-
ciri yang berbeda- beda antara lain :
·
Sanguin
(senang bicara, cepat merasa bosan, mempunyai banyak keinginan, dan masih
banyak lagi kelebihan dan kekurangan dari seseorang yang memiliki sifat Sanguin).
·
Koleris
(Tidak sabaran/ Cepat marah, Tidak suka dengan hal-hal yang bertele- tele, dan
lain- lain).
·
Melankolis
(Sensitif, Tukang kritik tetapi sensitif terhadap kritik yang menantang
dirinya, dan lainnya ).
·
Plegmatis
( Sabar, Pendengar yang baik, tidak banyak bicara namun bijaksana, pemalu dan
lain sebagainya ).
Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa pelayan restoran harus pandai dalam membaca
karakteristik seseorang, dengan itu pelayan akan mengetahui apa saja kebutuhan
dan keinginan seseorang. Dengan kata lain pelayan restoran akan mendapat
kepuasan tersendiri dan kepuasan dari seorang tamu sekaligus perusahaan akan
mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
score: 90, excellent!
BalasHapus